Jumat, 18 Juli 2008

Bule Gila, Pesut Gila

Beberapa hari yang lalu, gwa terkejut dengan temen gwa orang Myanmar yang bisa ngomong Chinese. Serius, gwa kira dia cuman bisa bahasa Inggris, tapi kemaren dia dengan lancarnya ngomong sama orang Cina "cing-cong-cing-cong-borong-kedondong-bersama-bencong".

Temen gwa satu lagi orang Srilanka, dia juga dengan lancarnya ngomong India. Gwa denger dia ngomong "tebolak-tebalik-tebolak-tebalik" dengan lancarnya. Sementara gwa, nyoba ngomong India sama temen Srilanka gwa dengan kata yg sama "tebolak-tebalik", dia malah bilang "Its that your tribe language?"

Speaking of language, menjadi orang Indonesia itu mempunyai keuntungan. Loe bisa ngomong dengan tenang tanpa diketahui oleh sebagian besar orang di Singapore. Serius. Dan itu artinya loe bisa ngatain dan ngomongin orang dengan tenang. Setidaknya, sampai gwa belajar sesuatu pas hari Rabu kemaren.

Jadi waktu itu adalah pelajaran bahasa inggris, namun ada yang beda di pelajaran hari ini. Dosennya bukan dosen yang biasanya, katanya sih dosen yang biasa berhalangan dateng karena gak sanggup melihat ketampanan gwa ada urusan mendadak. Dan jadilah dosen gwa hari ini bule, menggantikan dosen lokal gwa yang biasanya.

Pelajaran yang dia kasih saat itu lumayan gampang, hanya tentang bahasa tubuh versi british dan beberapa negara lainnya. Misalnya kalo ngacungin jempol itu artinya oke, nyilangin jari dibelakang artinya boong, dan ngegelinjangin tubuh di tanah artinya loe kena sakit ayan.

Gwa duduk di kursi dengan posisi di tengah-tengah ruangan bersama temen Indo gwa Leohan, dan satu anak Malay(yang gwa lupa namanya). Saat itu gwa ngobrol-ngobrol sama Leohan pake bahasa Indo, dengan asumsi gak ada yang bakal ngerti kecuali gwa dan Leohan.

gwa: "Bulenya cihui juga, lebih asik dari dosen biasanya"
Leohan: "Yoi, mendingan diajarin sama dia deh"
gwa: "Tapi gwa liat, bulenya rada-rada miring juga yah" *sambil geser-geser telunjuk di depan jidat*
Leohan: "Mayan, jarang-jarang bule ngajarnya hiperaktif kayak dia"

Mungkin, tuh bule ngeliat gerakan yang gwa lakukan, dan mungkin dia tau kalo gwa orang Indo, sebab gak lama dia langsung memperagakan gerakan gwa yang tadi dan menjelaskannya.

Bule Dosen Hiperaktif(BDH): "Class, do you know whats the meaning of this sign?" *geser-geser jari telunjuk di depan selangkangan jidat*
Salah Satu Murid Cina(SSMC): "Its stupid!"
BDH: "Not quite, but almost correct"
SSMC: "Errrr, crazy!"
BDH: "Thats the one! Spanish people call it loco, and Indonesian people biasa menyebut tanda ini dengan sebutan orang gila"

Gwa bengong. Leohan bengong. Gwa mandangin Leohan. Leohan mandangin gwa. Gwa mulai jatuh cinta sama Leohan, dan akhirnya kita jadian. Oh tunggu, bukan begitu kejadiannya.

Gwa dan Leohan sama-sama bengong, terkejut, shock mengetahui kal0 nih bule mungkin bule depok. Seharusnya dia udah ngecincang gwa, tapi dia malah senyum-senyum aja dan kayak gak berasa dikatain. Ada empat kemungkinan kenapa dia masih bisa senyum:

1)Dia gak gitu ngerti bahasa slang Indo.
2)Kalopun ngerti, dia gak ngerti arti dari kata bule.
3)Walau ngerti arti dari bule, dia berpikir kalo bule yang dimaksud adalah dalam bahasa jawa.
4)Di dalam hati dia berpikir "Bangke nih orang, ngatain gwa miring, liat aja loe, gwa tunggu di perempatan nanti!"(dengan asumsi bahwa bule ini adalah mantan preman pasar rebo).

Leohan: "Mampus loe mad"
gwa: "Anjrit, mana gwa tau nih orang bule depok!"

Oh ya, tentu saja, pembicaraan diatas volumenya sudah diatur agar tidak bisa didengar oleh si bule depok. Gawat kalo tiba-tiba dia nyamperin kita dan bilang "Eikh sebenernya keturunan VOC, jadi sampean hati-hati aja kalo ngomong, eikh bisa bikin sampean kerja rodi disini".

Untungnya, gak terjadi apa-apa selama kelas berlangsung, gwa ngumpulin tugas yang dia kasih dan dia cuman bilang "Good job, you're the fastest one to finish this paper!", yang kemudian disusul dengan Leohan. Pulang dari kampus gwa juga gak dihadang sama dia di perempatan, Thank God.

Next time, gwa bakal liat situasi sebelom ngatain orang pake bahasa Indonesia, mungkin bakal lebih aman kalo gwa ngatain pake bahasa SMS. Sebab gwa yakin, sejago-jagonya orang bule ngerti bahasa Indo, dia pasti gak bisa bahasa SMS Indo, I love SMS language. Jd l4in x Gw b4k4L pke bhs 5m5 aj d.

5 komentar:

Valkyrie Is Fakhrie mengatakan...

gw pilih option no.4, hahahahahaha

nugraha adi putra mengatakan...

Bule yang damai.. damai sekali.. wekekeke..
waaaahh.. enaknya diajar bule..

pamii.. mengatakan...

gila juga tuh bule.

si tukang nyampah mengatakan...

bwahahahaha....gue udah beberapa kali ketipu sama tampang disini, jadinya kalo mo nyela orang pake bahasa indo....ngomongnya pelan2 ajah, hihihihihi

Pesut Amphibi mengatakan...

@valkyrie is fakhrie
buset, jahat bener loe, hiks...

@nugraha adi putra
bule cinta damai *peace*
gak enak kok diajar bule, gak bisa dimakan(gak nyambung)

@pamii..
Bule Gila?

@si tukkang nyampah
gwa masih harus belajar banyak, bimbinglah juniormu ini sensei